Pelnap Ketapang : #kerlapKerlip 121 : ROH KUDUS untuk akan anak (part 1)

Kamis, 02 Februari 2017

#kerlapKerlip 121 : ROH KUDUS untuk akan anak (part 1)

Roh Kudus  memberikan kemampuan untuk menyembah, melayani, berdoa dan bersaksi. Sebagai anak ALLAH, tentu kalian ingin mengerti lebih banyak tentang janji ALLAH tentang ROH KUDUS bukan? 

Roh Kudus itu adalah salah satu janji Allah. Kisah Rasul 2:38-39"Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. 

Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."

SIAPA ROH KUDUS ITU ?
Ia adalah satu oknum. Ia mempunyai kepribadian. Sifat kepribadian penolong dan memampukan kita mengenal pikiran ALLAH.1 Korintus 2: 10 “Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.” ROH KUDUS mengenal pikiran manusia dan pikiran ALLAH, 1 Korintus 2:11 “Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri ALLAH, selain ROH ALLAH.”


Pikiranmu akan mempengaruhi perbuatanmu. ROH KUDUS akan menolong kalian untuk berbuat baik terhadap orang lain, hormat terhadap orang tua dan guru, bertahan dalam cobaan waktu memilah antara belajar dan melakukan hal-hal lain yang mengganggu waktu belajarmu. Kenalilah ALLAH secara pribadi.  Mintalah Allah mengampuni dosa-dosamu. Jadikanlah DIA menjadi Sahabatmu.  Saya yakin bila kamu mengasihi teman-temanmu dan bergaul dengan mereka, persahabatanmu dengan mereka akan baik. Demikian juga kalian akan menjadi sahabat TUHAN YESUS KRISTUS bila kamu mencari ROH KUDUS.
Alkitab berkata bahwa YESUS mengasihi kita dan mengampuni dosa kita kalau kita meminta-Nya untuk masuk dalam hati kita. Kalian tidak dapat melihat Yesus dengan mata jasmanimu, tetapi kalian akan melihat dan menemukan perubahan dalam hidupmu, dan kamu mempunyai sukacita karena sorga menantimu.

Alkitab berbicara tentang hal lain yang juga tidak dapat dilihat yaituAngin. Angin tidak dapat dilihat, tapi bisa kalian rasakan. Kalian dapat melihat apa yang diakibatkan oleh angin, misalnya pohon roboh, kincir anging berputar dan lain lain. “Angin bertiup kemana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu darimana ia datang atau kemana ia pergi (Yohanes 3:8).”

Contoh lainnya, kalian dapat melihat pekerjaan angin bila melihat layang-layang yang diterbangkan. Angin dengan kekuatannya dapat membuat parasut berkembang. Bila kalian dipenuhi Roh Kudus, maka kalian akan merasakan ada kuasa dalam hidupmu. Kuasa untuk mengalahkan dosa. “Kamu akan menerima kuasa kalau Roh Kudus turun ke atas kamu....( Kisah Rasul 1:8).”


PETRUS
Sering kita meminta YESUS masuk agar ke dalam hatimu, namun kalian tidak hidup untuk-Nya. Orang yang bernama Petrus juga pernah berbuat demikian. Ia murid YESUS dan berkata kepada YESUS, bahwa ia sangat mengasihinya dan bersedia mati untuk-Nya. Tetapi pada suatu hari ia menjadi takut kepada orang-orang yang memusuhi YESUS, bahkan dia takut kepada seorang hamba perempuan dan menyangkal bahwa ia kenal YESUS,  

Mungkin Petrus merasa ia tidak akan menerima janji Roh Kudus. Tapi kita membaca dalam Alkitab, ia menyesali perbuatannya dan ALLAH mengampuni.Matius 26:69-70 “Sementara itu Petrus duduk di luar di halaman. Maka datanglah seorang hamba perempuan kepadanya, katanya: "Engkau juga selalu bersama-sama dengan Yesus, orang Galilea itu." Tetapi ia menyangkalnya di depan semua orang, katanya: "Aku tidak tahu, apa yang engkau maksud."

Selanjutnya Petrus dipenuhi Roh Kudus, lalu Petrus mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepadanya untuk mengatakannya. Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit.
Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah dia yang berkata-kata itu orang Galilea? Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar dia berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita?

Ya, Petrus menjadi salah satu pengikut dan saksi YESUS yang penuh kuasa. Petrus berkata kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita."

Orang-orang yang  mendengar Petrus, menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. Jadi bersyukurlah! ALLAH telah berjanji Ia akan memberi kuasa ini, karena Ia tahu kita perlu kuasa-Nya untuk dapat hidup bagi Dia . “Maka penuhlah mereka dengan ROH KUDUS, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa lain, seperti diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya (Kisah Rasul 2:4).” (LT)  (Bersambung)