Pelnap Ketapang : #kerlapkerlip 119 : Plus Minus Pokemon GO

Kamis, 22 September 2016

#kerlapkerlip 119 : Plus Minus Pokemon GO


Hampir di seluruh dunia saat ini terjadi demam Pokemon. Pokemon menginspirasi imajinasi dan kreativitas anak-anak.

Ada beberapa hal positif yang bisa diambil dari Pokemon GO:
  • Pokemon GO telah berhasil membuat suatu generasi yang biasanya suka main game di dalam ruang menjadi berjalan-jalan keluar, menghirup udara segar, sinar matahari, dan ber-olahraga.
  • Pokemon GO memberikan istirahat pikiran.
  • Untuk memainkan game ini, kita harus mengunjungi PokeStops, yaitu tempat-tempat terkenal dan bersejarah di sekitar kota, dan ini mendorong para pemain untuk belajar tentang komunitas mereka tempat-tempat dan sejarahnya.
  • Orang saling terhubung dan berkenalan dengan cara yang unik. Tidak ada hambatan atau pemisahan rasial atau ekonomi diantara orang-orang itu. Semua orang disatukan, paling tidak untuk beberapa saat. Dan untuk situasi dunia seperti saat ini, hal seperti ini adalah suatu hal yang luar biasa dan sangat diperlukan.


Hal-hal negatif Pokemon.

Seperti halnya segala sesuatu lainnya, selalu ada beberapa hal negatif dari permainan ini. 
  • Ada beberapa orang tertarik menuju ke suatu lokasi tertentu melalui game ini dan kemudian dirampok. 
  • Para gamer menjadi terlalu sibuk dengan handphone mereka dan tidak memperhatikan dunia dan lalu lintas di sekeliling mereka sehingga banyak berita yang mengabarkan berbagai kecelakaan bagi para pemain Pokemon Go saat sedang mencari Pokemon. 
Bagaimana seharusnya sikap kalian

PokemonGo telanjur membelenggu dan mempengaruhi banyak anak. Kita tidaklah dapat beranggapan bahwa anak akan mengerti dan bosan sendiri pada saatnya. Pokemon Goatau Pokemon hanyalah salah satu cara iblis memperkenalkan diri secara massal dan mempengaruhi anak-anak. Targetnya adalah suatu generasi yang bakal menjadi pemujanya. 
  
Menghadapi tipu daya iblis yang licin, kita tidaklah dapat memakai cara yang biasa. Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Efesus memerintahkan orang percaya untuk memperlengkapi dirinya dengan seluruh perlengkapan senjata Allah supaya dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri (Ef. 6:13). Orangtua perlu memperlengkapi diri dan anak-anak dengan Injil, iman, Firman Allah, kebenaran, dan keadilan. Yang tidak boleh ketinggalan adalah doa dari seluruh keluarga agar Allah melindungi seluruh keluarga kita dari pengaruh iblis yang acapkali masuk dari pintu yang tidak terduga. 
  
Secara konkrit, orangtua berkewajiban mengajak anak-anak tiap hari berdoa dan mengenal firman Tuhan dalam persekutuan keluarga yang menyenangkan. Batasi waktu bermain, tontonan dan bacaan yang memberikan pengaruh bertentangan dengan Firman Tuhan. Kalian juga perlutahu bahaya Pokemon Go serta dampak buruknya. Tentu juga jangan sampai kalianketakutan berlebihan terhadap kuasa iblis. Kuasa Allah yang mengatasi kuasa iblis seharusnya menjadi fokus utama pemberitaan kita. (MM)