Pelnap Ketapang : #kerlapKerlip 118 : Vitamin

Minggu, 27 Maret 2016

#kerlapKerlip 118 : Vitamin

Tahukah kamu bahwa vitamin itu penting untuk tubuh kita? Vitamin sendiri diartikan dengan vital amines dalam bahasa inggris yang artinya adalah sekumpulan senyawa organik yang bobotnya kecil dan memiliki fungsi yang penting bagi tubuh manusia. Vitamin dibutuhkan dalam tubuh dalam jumlah yang sedikit sama seperti mineral dan dalam tubuh vitamin tidak dirombak seperti karbohidrat, protein dan lemak, melainkan vitamin diserap oleh tubuh manusia. Fungsi vitamin sangat melimpah tergantung pada jenis vitaminnya.


Vitamin dibagi menjadi dua berdasarkan kelarutannya, yaitu larut air dan larut lemak. Vitamin yang larut air adalah vitamin B dan vitamin C, sedangkan vitamin yang larut lemak adalah vitamin A,D,E,K. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai vitamin C karena paling awam dikonsumsi dan dikenal oleh masyarakat. Vitamin C di mata masyarakat merupakan komponen yang dapat digunakan untuk mengatasi daya tahan tubuh seperti dapat menurunkan resiko terserang penyakit dan biasanya digunakan untuk mengurangi resiko sariawan.

Mari berkenalan dengan vitamin C! Vitamin ini dikenal dengan nama Asam Askorbat. Karakteristik yang dimilikinya selain larut air adalah merupakan suatu vitamin essensial. Maksud essensial adalah vitamin yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh manusia jadi harus didapatkan dari sumber lain misalnya buah-buahan. Dari keseluruhan jenis vitamin yang ada, satu-satunya yang dapat dibentuk sendiri oleh tubuh manusia adalah vitamin D. Biasanya buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C terasa asam karena memang sifat asam askorbat sendiri adalah asam, seperti jeruk, lemon, kiwi, strawberry, jambu, brokoli, cabe dan lain-lain. Fungsi yang hebat dari vitamin tesebut adalah berperan sebagai antioksidan. Sifat antioksidan ini membuat vitamin C dapat membantu tubuh kita untuk menangkal serangan radikal bebas yang berpotensi menimbulkan penyakit berbahaya bagi tubuh manusia.

Di sisi lain, vitamin C merupakan vitamin yang dapat bersifat stabil dan tidak stabil  tergantung pada keadaannya. Vitamin C akan bersifat tidak stabil jika berada pada suhu yang tinggi , terpapar oleh cahaya dan bersentuhan langsung dengan oksigen maupun udara luar. Hal ini dapat menyebabkan perubahan struktur kimia dari vitamin C yang dikenal dengan sebutan degradasi. Sangat dianjurkan untuk menyimpan vitamin C yang kalian punya di rumah di tempat bersuhu ruang dan di tempat tertutup yang tidak terpapar cahaya langsung.

Oh ya! Konsumsi vitamin C maupun vitamin lain tidak boleh berlebihan. Ada rata-rata konsumsi setiap tingkatan umur dan jenis kelamin. Kebutuhan vitamin C per hari bagi bayi di bawah umur 10 tahun sebesar 40-50 mg, laki-laki berusia di atas 10 tahun sebesar 50-90 mg, wanita di atas 10 tahun sebesar 50-75 mg, sedangkan untuk ibu hamil dan menyusui perlu mendapat sedikit tambahan yaitu sebesar 10 dan 25 mg per harinya. Konsumsi vitamin C yang berlebihan akan mengubah sifat antioksidan vitamin c menjadi prooksidan. Prooksidan sendiri merupakan radikal bebas yang tentunya malah merugikan tubuh manusia. Jadi, konsumsi vitamin C harus sesuai kebutuhan tubuh ya, jangan sampai berlebihan J  (GC)