Pelnap Ketapang : You are History Maker make Different

Rabu, 03 November 2010

You are History Maker make Different

What do you thing  about Teach ?

BAnyak orang  berkata bahwa “ mengajarkan  anak  yang baik  itu  susah , tetapi  yang jelek  langsung dapat  di tiru” banyak orang tua yang bingung  bagaimana  mengajar  kepada si anak  agar mau melakukan hal yang baik dan bagaiman a caranya dan siapa yang mau ?

Banyak  orang yang berkata   bahwa mengajar anak dengan  marah marah dan main tangan ( kekerasaan ) dapat membaut anak jera dan menurut . Dan apakah benar  sianak itu meneurut atau bagaimana mental si anak ?

Banyak orang yang tidak  memperdulikan / memikirkan mental si anak / sikap si anak yang akan datang . Sehingga si anak  bekerja dan berpikir  bagaimana cara  yang paling enak  untuk di jalani tanpa mengetahui apakh itu benar atau salah yag penting bagi mereka agar mereka tidak dimarahi oleh orang yang lebih tua atau orang tua dan lain lain


Who is teacher ?
Guru  /teacher  adalah  sebuah kata yang disempitkan dalam bahsa Indonesia menjadi  orang yang mengajar  di sekolah. Dalam buku “belajar dan faktor faktornya “ terdapat beberapa devinisi dari beberapa orang diantaranya
Devinisi menurut  dequeliy dan gazali  : dikatakan bahwa  mengajar  adalah  menanamkan  pengetahuan  pada seseorang secara tepat dan singkat
Devinisi secara moderen  : mengajar adalah bimbingan kepada siswa dalam proses belajar
Devinisi menurut john  r. P. : mengatakan  bahwa  mengajar  sebagai orang yang melukiskan  yang digunakan sebagai keputusan 





Dan mereka memiliki perbandinagn yang cukup besar  dalam kehidupan seseorang . Tetapi ingat bahwa kita memounyai guru yang selalu  memberikan kita jalan yang benar . Guru itu  adalah Tuhan Yesus Kristus . Ialah guru bagi kita dan Ia tahu bagaimana  mengajar kita . Bahkan Tuhan mengajarakan kita melalui pengalaman pengalaman kita  asal kita mau menyerahkan dir kepada Tuhan dengan merendahkan diri . Dalam Alkitab pun ditulis  Tuhan Yesus mengajar  kepada murid murid dan kita pada saat ini melaliu Akitab dengan  lembut, santai tetapi tegas dan adil . Dan tidak ada satu orang pun yang dapart seperti Dia .

Dalam yakobus 3:1 dikatakan bahwa “jangan lah banyak orang diantara kamu  mau menjadi guru ; sebab  kita tahu , bahwa  guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat” . Dalam ayat ini dikatakan bahwa  seorang guru  mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berat dan besar .dan orang Kristen yang sejati / yang sungguh sungguh  seharusnya menjadi contoh / teladan dalam dunia  yang gelap ini .


What do you think  about  study ?

APa yang kita pikirkan  jika  anda mendengar kata “belajar” .  Mungkin yang ada di benak pikiran saudara adalah  seorang pemula / bukan seorang yang ahli . Dan ada  beberapa orang yang saya temui  berkata bahwa “jangan pernah berhenti belajar  karena setiap hari adalah pelajaran .”

Dan saya juga menemui orang yang sudah berumur 50 trahun masih belajar sesuatu yang menurut orang dia sudah ahli dalam bidangnya  masih belajar . Dikatakana bahwa mengulang pelajaran kembali pelajaran –pelajaran yang dianggap  penting karena setiap kehidupan ini kita perlu belajar karena belajar dari kehidupan mempunyai makna yang besar . Begitu pula  dangan kita . Bajnyak sekali pelajaran yang dapat  kita ambil dari setiap kehidupan ini .

Who is student ?


Banyak yang akan anda pikirkan jika saya berkata bahwa anada adalah seorang murid  deangan  demikian banyak ahal yang kaiat bicarakan tentang “student and study “ .
Seorang muird  adalah seoarang yang selau diajarkan untuk rrendah diri karena ia tahu ,ia belum bisa apa apa. Dan ia ingin sekali berusaha dan belajar yang keras agar ia bisa dan mendapatakan hal hal yang ia inginkan .

Tetapi dalam dunia nyata kita melihat banyak anak yang tidak mau belajar  mengapa ? Dalam  dunia konseling / psikologi terdapat 2 macam factor :

Perhatian = setiap  anak sangat perlu memperhatikan secara lahiria walaupun sebenrnya Tuhan Yesus lebih sayang dan terlebih dahulu dengan demikian  si anak  akan lebih semangat  dalam belajr



, maka dari pada itu kita sangat memerlukan Roh kudus  dan Firman Allah  agar  dapat menyaring  setiap  ilmu yang kita serap  apakah sesuai dengan Firman Tuhan atau tidak .dalam Yakobus 3:13  dikatakan  bahwa “baiklah ia dengan  cara hidup  yang  baik  menyatakan  perbuatan  oleh  hikmat yang lahir dari kelemah lembutan dan ayat 17-18  “ tetapi  hikmat yang   dari atas adalah pertama-tama  murni , selanjutnya  pendamai , peramah , penurut  , penuh belas kasih ,dan buah buah yang baik  tidak memihak  tidak munafik , dan buah yang  terdiri dari kebenaran  di taburkan   dalam damai  untuk mereka  yang mengadakan damai “

Dalam  ayat ini dikatakan bahwa   untuk hidup  yang  baik  itu  berasal  dari  hikmat / kepintaran  yang  Tuhan Yesus  kasih  malalui  perbuatan kita  dalam dunia ini  ditegaskan  bahwa  setiap manusia  perlu belajar . Tidak hanya  siswa saja  orang tua  pun perlu belajar .dari Firman Tuhan karena Dialah  Tuhan yang mempunyai segala hikmat dan Tuhan paling suka orang yang saja pintar dalam pengetahuan saja tetapi juga mau melakuakanya dalam kehidupan sehari hari .seperti anak kecil yang tahu Tuhan  sudah siapkan  hadiah  untuk   kita dan kita  harus  berusaha untuk  mendapatkan  hadiah yang terbaik  yang siapkan buat saya .

Active  (pelaku Firman Tuhan )

Banyak orang yang  berkata bahwa   sebuah hasil  berasal dari  proses  yang  panjang  dan banyak  orang tua  yang yang ingin  anaknya luar biasa  tetapi orang tua pun terkadang tidak mau  melihat proses  terjadinya  perkembangan si anak . Banyak orang tua jika  anaknya  dalam proses  hanya  bilang kamu harus begini  kamu harus begitu  “ tetapi tidak tahu  apa yang ada dalam si anak  biasanya jikalau  anak  tidak tahu kasih Tuhan  ia akan memberontak. Dan malas  untuk melakauakn Firman Tuhan .


 Tetapi anak yang mengenal kasih Tuhan  akan patuh dan taat pad a perinath Tuhan  karena  dai tahu bahwa Tuhan  mengajarkan kita  supaya taat  kepada orang tua dan kepada Firman Tuhan (Imamat 19 :3) . Banyak orang  di akhir-akhir ini selalu ingin  apa yang menjadi keinginanya selalu  tercapai . Dan banyak  orang yang selalu  berpikiran pendek . Dalam melihat  segala hal .

Memang tidak  salah untuk melihat jangka pendek.  Mamang kita harus mempunyai rencana tetapi tetaplah  semua keputusan ada di tangan Tuhan dan tidak ada orang yang dapatmengungkirinya